Anggota Kelompok 8
- Faisal Fadly (111402006)
- Environt Spratly A (111402014)
- Jun Arthur R (11402058)
- Fachru Rozi N (111402094)
Hasil Diskusi
Teori belajar kognitif adalah sebuah proses berpikir untuk menemukan informasi yang berasal dari luar dimana dalam prosesnya sendiri sangat menekankan unsur-unsur pemikiran otak manusia. Ada beberapa ahli yang mengemukakan teori ini yaitu :
a. Jean Piaget
b. David Ausubel
c. Jerome Bruner
d. Mex Wertheimenr
e. Kohler
f. Kurt Lewin
Dalam diskusi kali ini kami membahas teori yang dikemukakan oleh Jerome Bruner. Bruner mengatakan bahwa belajar adalah proses mencari pengetahuan melalui pengalaman dan eksperimen yang dilakukan oleh masing-masing individu. Sehingga dalam proses belajar yang sangat penting adalah bagaimana seorang individu dapat menemukan konsep sendiri tentang suatu pengetahuan melalui 3 tahapan penting yaitu informasi, transformasi dan evaluasi. Bruner menyebut ini sebagai “discovery” atau “belajar dengan menemukan konsep sendiri”. Sebenarnya belajar kognitif sudah diterapkan pada proses belajar para siswa sekarang ini. Dengan penerapan kurikulum dimana para guru hanya memberikan sebuah materi secara bertahap dari yang paling sederhana dan paling kompleks, sehingga para siswa dapat belajar untuk memahami konsep dari materi dan integrasinya dengan materi lain.
Bruner berpendapat bahwa seseorang murid belajar dengan cara menemui struktur konsep-konsep yang dipelajari. Anak-anak membentuk konsep dengan melihat benda-benda berdasarkan ciri-ciri persamaan dan perbedaan. Selain itu, pembelajaran didasarkan kepada merangsang siswa menemukan konsep yang baru dengan menghubungkan kepada konsep yang lama melalui pembelajaran penemuan. Mungkin otodidak adalah bagian dari konsep teori belajar tersebut.
Contoh konkrit dari belajar kognitif yang berhubungan dengan dinamika sebagai mahasiswa IT ada banyak sekali. Salah satunya adalah ketika kami diminta untuk membuat sebuah kelompok yang terdiri dari 4-5 orang dan ibu Dina sebagai dosen mata kuliah Pengantar Psikologi Umum memberikan sebuah kata kunci untuk masing-masing kelompok. Ibu Dina meminta kami untuk berdiskusi tentang kata kunci tersebut dan mempresentasikannya di depan kelas. Nah, dalam hal ini kita secara tidak langsung sudah menerapkan proses belajar kognitif dalam membahas topik yang telah diberikan dengan menggunakan metode masing-masing anggota kelompok dalam menemukan konsep topik tersebut melalui diskusi.
Belajar Kelompok |
Contoh lain nya dapat kita lihat dalam kehidupan kita sehari-hari, seperti jembatan keledai yang sering kita gunakan dalam hapalan, cara menulis teks berulang agar lebih cepat, dan lain-lain.
Sumber Referensi
Berikut adalah beberapa sumber referensi yang kami gunakan dalam diskusi :
- http://juprimalino.blogspot.com/2012/02/tokoh-tokoh-teori-belajar-kognitif.html
- http://sainsmatika.blogspot.com/2012/04/teori-kognitif-dari-bruner-dan-teori.html
- Feldman, Robert S.(2012).Pengantar Psikologi (Understanding Psychology).Jakarta:Salemba Humanika.
Testimoni Secara Keseluruhan
Proses diskusi berjalan lancar dan diskusi berjalan dengan baik. Meskipun kami berdiskusi sambil bercanda dan cerita-cerita alias ngobrol tetapi tujuan diskusi tetap tercapai. Kami jadi memahami dan mengerti apa itu belajar kognitif dan bahkan sedang kami alami sebagai mahasiswa. Bahwa menjadi mahasiswa memang harus menerapkan belajar kognitif ini dengan menjadi mahasiswa yang aktif. Mengingat dosen hanya memberikan materi mata kuliah yang sedikit. Maka kami harus menggali lebih dalam tentang materi tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar