Minggu, 21 April 2013

Interaksi Remaja dan Teknologi (Tulisan Ilmiah)



Kata Pengantar

Puji syukur penulis ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan hidayah-Nya, penulis bisa menyusun dan menyelesaikan karya ilmiah ini sebagai salah satu tugas mata kuliah pengantar psikologi. 

Pada karya ilmiah ini penulis akan membahas tentang dampak negatif dari interaksi remaja dan teknologi. Penulis lebih menekan kan efek negatif karena remaja pada umumnya lebih banyak mengambil sisi negatif dari teknologi.

Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada Ibu Fillia Dina Anggaraeni selaku dosen mata kuliah Pengantar Psikologi yang telah memberikan bimbingannya kepada penulis dalam proses penyusunan karya ilmiah ini. Tak lupa penulis mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah memberikan dorongan dan motivasi.

Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan karya ilmiah ini masih terdapat banyak kekurangan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik serta saran guna menyempurnakan karya ilmiah ini dan dapat menjadi acuan dalam menyusun karya ilmiah atau tugas-tugas selanjutnya.

Penulis juga memohon maaf apabila dalam penulisan karya ilmiah ini terdapat kesalahan pengetikan dan kekeliruan sehingga membingungkan pembaca dalam memahami maksud penulis.

Medan, 14 April 2013


Isi


Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.
Penggunaan teknologi oleh manusia diawali dengan pengubahan sumber daya alam menjadi alat-alat sederhana. Penemuan prasejarah tentang kemampuan mengendalikan api telah menaikkan ketersediaan sumber-sumber pangan, sedangkan penciptaan roda telah membantu manusia dalam beperjalanan dan mengendalikan lingkungan mereka. Perkembangan teknologi terbaru, termasuk di antaranya mesin cetak, telepon, dan Internet, telah memperkecil hambatan fisik terhadap komunikasi dan memungkinkan manusia untuk berinteraksi secara bebas dalam skala global.
Dalam perkembangannya, teknologi juga mempengaruhi hidup manusia. Dalam tulisan kali ini saya akan membahas tentang interaksi remaja khususnya. Kehidupan remaja saat ini sangat ketergantungan dengan teknologi informasi dan komunikasi (terlebih remaja yang tinggal di kota). Mudahnya mengakses informasi dan banyaknya fitur-fitur yang cukup menarik yang di tawarkan oleh teknonologi tersebut semakin menarik minat remaja untuk menggunakan perangkat teknologi tersebut.
Sebuah studi mengungkapkan bahwa anak-anak dan remaja berusia 8-18 tahun menghabiskan rata-rata 7,5 jam (lebih dari 53 jam seminggu) waktu mereka untuk mengakses media hiburan di hari-hari biasa seperti ponsel, komputer, televisi dan perangkat teknologi lainnya. Uniknya, sebagian besar remaja ternyata menggunakan lebih dari satu perangkat dalam waktu bersamaan alias multitasking. Misalnya, ketika mendengarkan musik mereka sambil mengisi waktu dengan berselancar di internet.
Sisi lain dari pengaruh teknologi yang bisa kita amati adalah, kurang nya interaksi langsung antar remaja di masa sekarang ini. Perkembangan teknologi berbanding terbalik dengan intensitas interaksi remaja (manusia) dengan sesamanya. Mereka lebih menikmati melakukan komunikasi melalui perangkat komunikasi tersebut dari pada bertemu langsung dengan temannya.
Saya punya artikel kecil yang cukup menarik untuk di baca.
"Masih inget taun '90-an?
zaman SD-SMP kita dulu yg pernah Trend?

*Artis cilik Bondan Prakoso (Lumba")
Eno Lerian (Nyamuk nakal)
Melisa (Semut" kecil)
Meysi, Joshua,
Trio Kwek2
Agnes Monica (y)

*Baca komik Doraemon, Dragon Ball, Kungfu Boy atau StoryBook Ghostbumps dikelas sampe disita guru.

* duduk manis dpan tv nonton film2 kartun tiap hari minggu pagi2 sampe' jam 11

*Rebutan main, gamebot, Mesin Dingdong. Klo yg tajir beli Nintendo, Sega, ato Gameboy buat main game Mario Bross sama Sonic.

* yng cewek maenan boneka berbie, masak-masakan, lompat2 pake karet gelang dll
*Ngabisin koin di Telpon umum atw Wartel, PDKT sama kenalan.
*main permainan petak jongkok, tujuh pahlawan, benteng takeshi(emak dirmh ngomel2 ngabisin air), benteng, buaya buayaan,petak umpet.

*kepasar malem buat liat sulap, main gelombang,kincir angin, beli baju2an barbie

*kalo banjir main banjir2an sm temen keliling komplek
*kalo ramadhan main petasan abis traweh sm abis sahur
*abis traweh main sampe jam 12 malem

*Pake jam G-shock (y)

*Main Kelereng, Monopoli, Ular Tangga atw Kartu Hologram, Kuartet yg kalah d coret pake bedak.

*Maen TAMIYA sampe lupa waktu, akirnya Ortu dateng cariin ke trek tempat maen tamiya
*rela kelaperan di sekolahan ..ngumpulin duit jajan buat beli bey blade,, crushgear,, yoyo...

*jihad ngerental PS1/PS2.. maen winning eleven,, metal slug,, bloody roar,, grand turismo,, CTR,, tekken,,

*mandi di sungai, sambil mancing ikan yg lewat pake cacing.. hbis tu maen layangan ke sawah...

*Beli coklat Ayam Jago sama Wafer coklat merk SUPERMAN n Makan Jagoan Neon biar lidah nya berubah warna warni.
*Setelah era sablon sama bordiran ALIEN atw Shuvit berlalu gantian pake baju ala POINT BREAK (Stussy,Mossimo, Billabong, Rip Curl,Volcom dll)
*Bangga make tas slempang bermerk KutaLines atw Dagadu.
*Nonton KOTARO MINAMI jd Ksatria Baja Hitam dan SaintSeiya Sama Power Ranger.
*Beli sepatu skolah yg diblakangnya ad lampu nyala (PRO ATT).
*Ngumpulin TAZOS dari Chiki, Chitato yg banyak punya koleksi bangga.
*Ngumpulin krtas file lucu2 n tuker2an sm tmn.
*Gosip klo dlu ad Pulpen narkoba yg wangi bangett.
*Make NECKERMAN anti SLIP or CARVIL dan diplesetin jadi “nyekerman”
*Ngerasa kurang gaul klo belum ngisi Diary punya temen "My Biodata"

Naaah udaa Senyum² sendirikan??

Jdi inget masa dulu yah,masa paling Indah dibanding sekarang era 2000 an,,

Kasian yaa adik2 qta skrang,msa kanak2nya terenggut n pada ALAY or ALAYWATI ,kecil2 ud pake BB, iphone, Android,bawa"camera buat hunting, pakai lipstik, sok gaul bawa mobil bokap, dugem biar dibilang macho, dll.

Dewasa KARBITAN=)) "
Kita bisa lihat betapa banyak nya permainan dan tokoh-tokoh yang bisa di nikmati anak-anak zaman dahulu (sebelum tahun 2000), sementara anak-anak zaman sekarang lebih kearah senang-senang. Lalu, apa kira-kira efek samping dari keadaan tersebut?
Remaja pada zaman sekarang cenderung tidak tahu mengatur waktu mereka sendiri. Sementara itu, lebih banyak sisi negatif dari teknologi yang mereka dapat dari pada sisi positifnya. Adapun sisi negatif dari teknologi informasi dan komunikasi adalah:

a.   Pornografi
      Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela.Untuk mengantisipasi hal ini, para produsen browser melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat di-akses.Di internet terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.
b.  Violence and Gore
     Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara agar dapat menjual situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang bersifat tabu.
c.   Penipuan
      Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut.
d.  Carding
     Karena sifatnya yang real time (langsung), cara belanja dengan menggunakan Kartu kredit adalah cara yang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan Kartu Kredit) on-line dan mencatat kode Kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan mereka.
e.   Perjudian
     Dampak lainnya adalah meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya. Anda hanya perlu menghindari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya. Dan yang lebih mengkhawatirkan jika situs perjudian tersebut dikunjungi oleh remaja-remaja yang masih labil sehingga sangat rentan merusak moral mereka.
f.    Mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu secara langsung (face to face). Dari sifat sosial yang berubah dapat mengakibatkan perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi. Kejahatan seperti menipu dan mencuri dapat dilakukan di internet (kejahatan juga ikut berkembang).
g.   Bisa membuat seseorang kecanduan, terutama yang menyangkut pornografi dan dapat menghabiskan uang karena hanya untuk melayani kecanduan tersebut.
h.   Penggunaan tidak sesuai kondisi, Misalnya, menggunakan handphone pada saat proses belajar mengajar berlangsung untuk sms-an dengan teman atau pacar atau membuka situs jejaring sosial (facebook, twitter, plurk, yahoo koprol, dll) pada saat belajar.


Kesimpulan dan Saran
Kehidupan remaja saat ini sangat di pengaruhi oleh teknologi informasi dan komunikasi. Remaja sekarang sudah sulit untuk terlepas dari teknologi tersebut. Mereka umumnya lebih memilih interaksi dengan secara tidak langsung dari pada melakukan pertemuan langsung dengan sesamanya remaja.

Saran buat remaja saat ini adalah hendaknya mampu memilah-milah penggunaan teknologi yang lebih baik lagi. Setidaknya jangan hanya menggunakan teknologi untuk kesenangan semata. Banyak hal positif dari teknologi yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Daftar Pustaka



Tidak ada komentar:

Posting Komentar